Senin, 03 Juni 2019

Penyebab Ban Mobil Retak Samping atau Retak Rambut

Ban Mobil Retak
Ban Mobil Retak
Beberapa penyebab ban mobil retak samping bisa beraneka ragam, bisa dari faktor perawatan ban yang salah sampai faktor eksternal.

Ban luar retak memang sedikit mengurangi tampilan mobil, oleh karena itu banyak dari kita mencoba mencari cara mengatasi ban retak samping mulai dari hal sederhana sampai yang melakukan perawatan rutin.

Berikut beberapa penyebab ban mobil retak samping yang sering terjadi baik untuk ban tubeless atau tubetype.

Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Mobil Retak Samping


Tekanan Angin Berlebihan
sebab ban retak bisa datang faktor kesalahan pemilik kendaraan itu sendiri, tidak tahu atau sengaja memberikan tekanan angin ban yang berlebihan.

Hal ini berdampak kurang baik pada karet ban, biasanya akan melar. Karena hal inilah ban mobil mengalami keretakan di sisi samping.

Tekanan Angin Ban Kurang
Jika berlebihan saja bisa membuat ban mobil mudah retak, lantas yang kurang apa bisa?

Tentu saja bisa, tekanan ban mobil yang kurang dari standar dapat membuat daya tahan karet ban menurun. Alhasil karet mengalami tekanan dari bodi kendaraan yang berlebihan lantaran ban kurang angin.

Cuci Ban Pakai Detergen
Penyebab ban luar retak juga datang dari faktor keteledoran pemilik kendaraan. Alih-alih membersihkan ban biar kelihatan mengkilap malah berujung merusak ban.

Suka mencuci ban menggunakan detergen dapat menimbulkan panas yang berlebihan terhadap karet ban. Hasilnya karet mudah melar dan terjadilah retak ban mobil.

Cara meminimalisir ban luar retak bisa gunakan sabun cuci piring untuk mengurangi panas.

Minyak atau Oli
Faktor penyebab retak ban selanjutnya datang dari faktor eksternal biasanya ban terkena tumpahan minyak atau oli.

Jika tidak segera dibersihkan ban bisa melar dan elastisitas ban akan berkurang, hal ini menyebabkan komponen serat ban putus dan menimbulkan keretakan.

Cara mengatasi ban mobil retak samping tersebut bisa dengan cara membilasnya sesegera mungkin setelah ban terkena cairan oli, minyak, atau BBM.

Sebab-sebab ban mobil retak luar atau samping semoga menambah pengetahuan kita tentang cara merawat mobil sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar